Bupati Soppeng Serahkan 1 Ranperda ke DPRD

0
4

SOPPENG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Soppeng Menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyerahan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyertaan Modal Perusahaan Daerah (Perusda) oleh Bupati Soppeng.

Rapat Paripurna Dewan tersebut di pimpin lanngsung oleh Wakil Ketua I DPRD Soppeng H.Saharuddin Adam di ruang rapat Gedung DPRD Soppeng, Jum’at 19 Oktober 2018.

Hadir dalam Rapat Paripurna tersebut, Bupati Soppeng, Anggota DPRD Soppeng, Forkopimda Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Sekda Sopeng, Staf Ahli, SKPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa.

Bupati HA.Kaswadi Razak dalam sambutannya menjelaskan bahwa Penyertaan Modal Pemerintah Daerah dapat di laksanakan apabila jumlah yang akan disertakan dalam Tahun Anggaran berkenan telah di tetapkan dalam Peraturan Daerah tentang Penyertaan Modal Daerah.

Untuk itu, Pemerintah Daerah sebagai Katalisator Pembangunan berupaya untuk melakukan  Pemberdayaan pada pelaku Ekonomi khususnya Pemberdayaan Perusahaan Daerah yang memiliki ruang yang sangat strategis dalam membangun dan menguatkan Ekonomi Lokal.

“Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di harapkan dapat berperan di samping sebagai penyeimbang kekuatan pasar serta di harapkan dapat memberikan peran penting dalam meningkatkan pendapatan asli Daerah melalui Penyetoran Deviden dari hasil Laba BUMD.”jelas Kaswadi Razak.

Dia menambahkan bahwa, Untuk mengoptimalkan peran Perusahaan Daerah dalam perkembangan Ekonomi Dunia, Nasional dan Regional maupun Lokal yang semakin terbuka dan Kompetitif, Perusahaan Daerah perlu menumbuhkan Budaya Korporasi dan Profosionalisme.

“Yakni penguatan modal, pembenahan pengurusan dan pengawasan yang di dasarkan pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik melalui langkah Restrukturisasi perusahaan.”tuturnya.

Olehnya itu, dia berharap satu ranperda yang diserahkannya itu dapat disetujui oleh para Fraksi Fraksi yang duduk di parlemen DPRD Soppeng.

“Diharapkan Raperda ini dapat segera dibahas dalam waktu yang tidak terlalu lama dan mendapatkan persetujuan untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Soppeng.”pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, H.Saharuddin Adam, yang menerima Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyertaan Modal Perusahaan Daerah (Perusda) oleh Bupati Soppeng, mengatakan, setelah diterima, Ranperda ini akan dibahas sesuai tatib DPRD Kabupaten Soppeng.

“Dengan diterimanya naskah ranperda ini, maka mekanisme yang berlaku di DPRD Kabupaten Soppeng, sesuai dengan tata tertib dan peraturan DPRD Sopeng akan dijalankan dan akan dijawab pada paripurna selanjutnya.”tutupnya.

Sekedar di ketahui, Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada Rancangan Peraturan Daerah di rencanakan sebesar 11 Miliyar Rupiah sampai tahun 2021 sedangkan Rencana Penyertaan Modal pada Tahun Anggaran 2019 sebesar 9 Miliyar 652 Juta 732 Ribu 783 Rupiah yang meliputi penyertaan modal dalam bentuk Uang Tunai sebesar 3 Miliyar 650 Juta Rupiah dan Penyertaan Modal dalam bentuk Aset Tetap berupa Peralatan Mesin, Gedung Bangunan, Jalan Irigasi dan Jaringan di KWA Lejja.

 

TINGGALKAN KOMENTAR