Ayo Mondok, Pesantren Itu Keren

0
71
Foto Penulis, Syamsu Alam El-Mahady

OPINI –klipnews.com– Pondok Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ada di Negeri tercinta ini, dan bahkan termasuk lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia.

Nurcholis Madjid (Alm) pun mengungkapkan kekagumannya terhadap pesantren. “Seandainya negeri kita (Indonesia) ini tidak mengalami masa penjajahan, mungkin pertumbuhan sistem pendidikannya akan mengikuti jalur-jalur pendidikan yang ditempuh pesantren. Sehingga, perguruan-perguruan tinggi yang ada sekarang ini tidak akan berupa UI, ITB, IPB, UGM, Unair atau yang lain, tetapi mungkin namanya Universitas Tremas, Krapyak, Tebuireng, Bangkalan, Lasem, dan seterusnya,” (Nurcholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren, 1997, hal 3-5).

kelebihan dari Pesantren ? Okelah ini sedikit jawabnya,

(1) Pergaulan dewasa ini sudah sangat buruk kalau sebagai siswa atau orang tua tidak cepat tanggap dalam hal ini akan memungkinkan anak remaja yang akan menjadi penerus bangsa ini rusak, terlalu banyak cita-cita bangsa yang harus terkubur percuma, (2) Banyak pelajaran kehidupan yang diambil karena tidak ada orang tua sehingga mampu mencari jati diri tanpa mencoba hal-hal yang dilarang oleh agama, (3) Hidup bersama dalam satu asrama yang membuat santri mampu mengatur waktu dan lebih disiplin dalam kehidupan sehari-hari, (4)Belajar juga giat karena lingkungan yang kondusif untuk belajar tanpa gangguan kehidupan luar  dan (5) yang terakhir pasti mendekat kan kita kepada Allah swt agar menjadi orang yang beriman dan soleh.

Bebas Santri…

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas santri merupakan sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan ilmu agama islam di suatu tempat yang dinamakan Pesantren, biasanya menetap di tempat tersebut hingga pendidikannya selesai. Jadi santri itu harus kudu tahan sampai selesai pondoknya yang bertahun tahun itu, karena kalau tidak tahan bukan santri  namanya.

 

Wahai para jamah, Perlu diketahui bahwa pondok pesantren itu ada beberapa jenisnya, namun secara umum sebutan pondok pesantren yang biasa didengar saat ini senantiasa mengacu kepada pondok pesantren yang menyelenggarakan pendidikan formal dan bernaung pada sistem pendidikan yang ditunjuk pemerintah melalui Kemenag dan Kemendiknas serta juga mengelola sistem sendiri dalam bentuk pengajian, tahfidzul quran, maupun madrasah diniyah, serta keterampilan. Pondok Pink, Pondok Coklat, Pondok gelora atau pondok Azizah tidak termasuk, karena itu pondok pondok yang diperuntuhkan untuk mahasiswa (i) yang berada dekat kampus saya STAIN WTP, dan itu beda!
Gelar Santri…
Menyandang gelar santri itu memang tidak mudah perlu penderitaan, kira kira seperti itu. Soalnya kita harus rela dan bahkan fardu ‘ain untuk meninggalkan semua zona nyaman yang hampir tiap hari menjadi candu bagi kita, seperti nonton TV seharian, bermain seenakanya bahkan tidur sampai puas. Bahkan harus rela berpisah jauh dengan sanak family. Tapi perlu dipahami mas bro, mbak sis di balik itu semua. Pondok Pesantren sebenarnya adalah wadah dimana kita mendapat banyak kesempatan untuk mendapatkan banyak ilmu baik tentang ilmu agama maupun ilmu umum.
 Dedikasi Ala Santri…
Santri merupakan sosok yang penuh dedikasi dan rasa hormat kepada guru-gurunya karena mereka memahami tentang konsep barakah. Apa itu barakah (tanya budi)? Limpahan kebaikan. sederhananya seperti ini, belajar sedikit ilmu tapi bermanfaat bagi orang banyak dengan contoh seorang santri yang selama mondok ‘hanya’ berkhidmah di dapur untuk melayani makan guru dan kiai namun setelah pulang lantas jadi tokoh dan dituakan. Itu merupakan contoh ‘imbalan yang tertunda’.
Dalam kehidupan pesantren, barokah merupakan sebuah hal yang sangat urgen untuk dijadikan pegangan santri. Sering kali kita mendengar, setinggi apapun ilmu yang didapatkan jika tidak mendapatkan barokah Kiainya, maka ilmu yang didapat akan sia-sia. Dalam pandangan pesantren tabarrukan atau biasa disebut barokah mempunyai makna penambahan kebagusan dari Allah, ziyadatul khair. Artinya, setiap waktu semakin bertambah baik. Barokah merupakan sebuah kekuatan rasa yang dimiliki oleh Kiai dan dipercaya mampu melegitimasi ilmu yang diperoleh santri, manfaat atau tidak. Barokah tidak semata-mata bisa hadir dari seorang Kiai. Artinya, untuk mendapatkan titel bahwa seorang Kiai memiliki kekuatan barokah biasanya terletak pada sejauhmana Kiai tersebut memiliki karomah.(dikutip Abdul Rahman Wahid).
Pendidikan Ala Santri
Satu hal yang tak boleh terlupakan, bahwa pendidikan ala Santri memiliki prinsip ‘dukungan spiritual berkelanjutan’  jadi ingat yah, bukan cuma pembanguanan dan pendidikan yang berekelanajutan tapi ada yang meleibihi ” kiai mendoakan santri, santri mendokan kiai, guru mendoakan murid dan murid mendoakan guru.”  Proses ini tidak berlangsung dari pukul 7 pagi hingga siang atau sore, tidak sebatas dari kelas 1 hingga kelas 3 saja, melainkan sepanjang usia. Itulah keunggulan sejati yang barangkali akan sulit ditemukan dalam konsep pendidikan di luar pesantren. Di atas itu, sanad keilmuan yang didapat dari ilmu yang diajarkan di pesantren telah mendapat jaminan ketersambungan, bahkan hingga sampai kepada Rasulullah saw. Sanad dan silislah ilmu inilah yang juga menjadi ‘jimat’ pendidikan pesantren. (dikutip M. Faizi)
Mau Belajar ikhlas, pengen belajar akan arti sebuh persahabatan, Bermimpi belajar akan makna hidup, Pesantren Keren,,, Yuuk Jadi Santri
Writer by Syamsu Alam el Ma’hady
(Alumni Pesantren Modern al-Junaidiyah Biru Kab, Bone)

TINGGALKAN KOMENTAR