Petani Cabai di Bone Rugi, Harga Cabai Hanya Rp3.000 Perkilo

0
61

BONE- klipnews.com – Kenaikan harga cabai yang meroket dipasaran rupanya tidak berpihak kepetani cabai yang di Desa Panyyili, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan,  Selasa (10/1/2017)

Petani cabai justru mengaku merugi lantaran harga cabai mereka jualkan ke tengkulak senilai Rp3.000 rupiah perkilogram.

Yunus Petani Cabai mengaku, Jatuhnya harga ini diakui oleh sejumlah petani cabai lantaran kwalitas cabai pada musim panen kali ini menurun karena terserang hama dan cuaca panas, yang mengakibatkan banyak buah cabai yang membusuk dan tidak layak jual.

“Harga jual sama tengkulak hanya 3000 perkilo. kami sebenarnya panen satu tepat begini mencapai 20 ton sekarang menurun sekali pak, yang biasa membeli dari pengepul dibawa ke pasar,” Akunya.

Selain itu, Yunus mengaku di Desa Panyyili Palakka ini terdapat puluhan petani cabai yang mengaku merugi dengan kondisi harga yang sangat murah ini dibanding dengan harga di pasaran

“Mereka tidak dapat berbuat banyak lantaran memang kwalitas cabai mereka menurun dan harga sudah dipatok para tengkulak yang biasa menjemput langsung hasil penen di ladang,” Kata Yunus.

para petani ini meminta pemerintah dapat melakukan pengawasan agar harga tidak dipermainkan oleh oknum tengkulak yang dipastikan merugikan mereka sebagai petani.

TINGGALKAN KOMENTAR