Menteri Amran Minta Pemkab Bone Beli Cabai Petani Rp10.000/kg

0
45
Foto, Menteri Pertanian RI Amran Sulaeman bersma Waka Polri Komjen Pol Syarifuddin, tiba di Kecamatan Libureng Kabupaten Bone

BONE- klipnews.com – Menanggapi harga cabai yang murah ditingkat petani, Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone membeli dengan harga standar agar tidak merugikan petani.

Perintah ini disampaikan Amran diseala-sela kunjungan kerjanya di pabrik Gula Camming (PGC) kecamatan Libureng kabupaten Bone Sulawesi Selatan, Selasa (10/1/2017)

Mentan menanggapi soal harga cabai ditingkat petani yang hanya mencapai 3000 rupiah perkilogram. Menurutnya, harga cabai saat ini memang sudah mulai turun karena kenaikan harga yang selama ini terjadi hanya karena faktor cuaca yang menghambat pendistribusian ke pasar.

Namun terkait petani cabai yang ditemukan di Bone yang hanya menjual seharga 3000 rupiah perkilogram. Mentan meminta pemerintah daerah menolong petani dengan cara membeli cabai mereka dengan harga sesuai standar kisaran 10.000 rupiah perkilogram.

“Memang harga cabai sudah mulai bergerak turun.kami juga akan membentuk pengawasan penjualan cabai seperti halnya jagung agar harganya dapat terkontrol. Harga cabai yang murah itu saya perintahkan Bupati untuk membeli dan mengirim ke Jakarta. Tapi beli dengan harga yang standar diatas 10. 000 rupiah perkilogram,” kata Amran

Sekedar diketehaui bahwa, Sejauh ini harga cabai di sejumlah pasar di Babupaten Bone memang ikut melambung dari sebelumnya yang hanya dijual 15 hingga 20. 000 rupiah perkilo menjadi 55. 000 rupiah perkilogram.

kenaikan harga ini dipastikan karena adanya permainan ditingkat distribusi yang memanfaatkan issue kenaikan harga secara nasional akhir akhir ini

TINGGALKAN KOMENTAR