Mentan RI Panen Pedet 1000 Ekor Sapi di Kabupaten Bone

0
222
Foto, dok. Menteri Amran Sulaiman panen seribu ekor anak sapi di hulo kecamatan libureng, Bone Sulawesi Selatan

BONE- klipnews.com – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman melakukan panen pedet 1000 ekor sapi hasil Inseminasi Buatan (IB) di Desa Hulo, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Jumat (14/10/2016).

kegiatan panen pedet yang merupakan program kementerian pertanaian, ini dibawah binaan Dinas Peternakan Kabupaten Bone merupakan sebagai upaya percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau untuk memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri.

Amran sulaiman, Putra kelahiran Kabupaten Bone ini mengungkapkan pengalamannya saat di Kementerian yang kerap mendapat tawaran dari para pengusaha dari luar untuk mengimpor daging, namun penawaran itu ditolak mentah-mentah.

“Impian mewujudkan daerah Kabupaten Bone ini sebagai daerah swasembada daging sapi sehingga keberhasilan peternak di Bone dapat menghasilkan perbandingan hasil kawin inseminasi 1 ekor banding 10 ekor anak sapi lokal,” ungkap Amran.

Panen pedet ini dihadiri, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang, Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, serta sejumlah pejabat kementerian pertanian yang ikut dalam rombongan menteri.

Sementara itu,Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi, mengatakan bahwa Kabupaten Bonelah Provinsi pertama penyelenggara di Indonesia setelah pencanangan yang melaksanakan panen pedet di republik indonesia 364 ribu sapi di Bone di luar sapi IB (inseminasi Buatan).

“Bone salah satu pemasok sapi potong untuk sulawasi tengah tenggara dan Kalimantan setiap tahun tdk kurang 20 ribu ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan daging sapi diluar Sulsel perkembangan IB di Bone hampir semua desa dan kecamatan sudah berjalan sesuai harapan walaupun ada kendala, Bone merupakan pemasok daging sapi ketiga terbesar di Indonesia,” Kata Fahsar.

TINGGALKAN KOMENTAR