Ini Sumber Dari Ledakan Keras Di Bontocani

0
498
Foto : Langit Bontocani usai ada ledakan keras. ISTIMEWA

BONE- klipnews.com – Warga Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (sulsel) sempat digegerkan adaya dentuman keras diwilayah tersebut. Selasa (6/9/2016)

Kejadian tersebut sempat dihebohkan oleh warga setempat lantaran menduga akibat dari ledakan keras itu kapal yang terjatuh. Namun ledakan itu bersumber dari Sonic Bom atau supersonik.

Berdasarkan keterangan rilis dari Landasan Udara (Lanud) Hasanuddin Makassar, menyebutkan bahwa ledakan itu bersumber dari pesawat SU-27 TS-2703/Setyo route Hnd-Loc-Hnd m/s FCF yang sedang melaksanakan latihan.

“Pesawat itu sedang melaksanakan latihan di daerah Bone, sinjai dan Maros untuk mencoba Sonic Bom. Pesawat berangkat pada Pukul 10.07 Wita, dan mendarat kembali pada pukul 11.00 Wita dalam keadaan aman dan lancar,” Tulis Lanud Hasanuddin Makassar dalam keterangan rilisnya.

Dikutip dari wikipedia, yang dimaksud Dentuman sonik adalah istilah bagi gelombang kejut diudara yang dapat ditangkap telinga manusia. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik.

Saat pesawat terbang melebihi kecepatan suara, muncullah gelombang kejut pada bagian tertentu pesawat. Gelombang kejut adalah daerah diudara dimana terjadi perubahan (tekanan udara, temperatur, densitas) secara dadakan.

Gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca. Karena itu pesawat supersonik biasanya tidak terbang di atas daerah berpenduduk.

TINGGALKAN KOMENTAR